Sunday, July 15, 2012

Hukum Makan Dgn Tgn Kiri

Dari Abdullah bin 'Umar radhiallahu anhuma bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda

"Jika seseorang di antara kalian makan, maka hendaknya dia makan dengan tangan kanannya. Jika dia minum maka hendaknya juga minum dengan tangan kanannya. Karena setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya pula." (HR. Muslim no. 3764)

Dari 'Umar bin Abi Salamah radhiallahu anhu dia berkata: Dulu aku adalah anak kecil yg berada di bawah pengasuhan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Ketika makan, tanganku berpindah-pindah kesana kemari di atas piring. Maka beliau bersabda kepadaku:

"Wahai nak, sebutlah nama Allah, makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah yang ada di dekatmu." (HR. Al-Bukhari no. 5376 dan Muslim no. 2022)

Salamah bin Al-Akwa' radhiallahu anhu dia berkata:"Ada seorang laki yg makan di samping Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dgn tgn kirinya. Maka Rasulullah bersabda, "Makanlah dengan tangan kananmu!" Dia menjawab, "Aku tidak boleh." Beliau bersabda, "Semoga kamu tidak boleh?" -padahal tak ada yg mencegah dia makan dgn tgn kanan kecuali karena sombong-. Setelah itu tgnnya tak blh dia angkat sampai ke mulutnya." (HR. Muslim no. 2021)

Penjelasan ringkas: Dalil di atas tegas tunjukkan haramnya makan dgn tgn kiri dari beberapa sisi:

1.Perintah makan dgn tgn kanan & hukum asal perintah adalah wajib. Bahkan dlm hadits riwayat Ahmad no. 16756 disebutkan bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda kepada seorg wanita: "Janganlah kamu makan dengan tangan kirimu, padahal Allah Tabaraka wa Ta'ala telah menciptakan tangan kanan untukmu."(Dinyatakan shahih oleh Al-Albani dalam Jilbab Al-Mar`ah Al-Muslimah no. 71)

2.Makan dgn tgn kiri menyerupai setan,  seorg muslim diharamkan utk menyerupai orang kafir, apalagi setan.

3.Nabi doakan kecelakaan kepada org yg makan dgn tgn kirinya. Seandainya hukumnya bukan haram, tidak mungkin beliau shallallahu alaihi wasallam mendoakan kecelakaan atasnya.
Sent by Maxis from my BlackBerry® smartphone

0 comments:

Post a Comment

Thanks For Your Honest Comment. I appreciate it ;)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...